Gitaris ritem

Sering klo ketemu temen ngebad yang udah kenal ato yang cuma ketemu sekali selalu kita bicara masalah posisi di band “kamu maen gitar apa maen bass..?” ato “aku cuma yang ngritem di band..” cuma ngritem itu yg selalu terngiang-ngiang di otak gue, apa yang salah ya…?

Menurut gue ritem ama lead gitar tuh gak ada bedanya alias sama-sama pentingnya, pattern ritem itulah yang membangun dasar sebuah lagu, dan itu tak tergantikan, mau contoh…? bayangin Metallica tanpa James Hetfield ato Megadeth tanpa Dave Mustaine, coba pikir meski Megadeth gonta-ganti personel selama Dave Mustaine ada ya tetep aja gak berubah, karena itu ritem adalah nyawa sebuah komposisi musik.

  1. Segi teknik, jangan pernah berpikir ngritem itu jauh lebih mudah daripada notasi melodi, dengerin lagu “…and justice for all” dari Metallica ato lagu-lagunya Kreator semuanya tak mudah dimainkan man..!! masih kurang….?? coba mainin pattern lagu-lagu EdanE seperti “Burn it down”, “Free granny”, “Satu” sama sekali tidak mudah bosss…..
  2. Secara sound & equipment, cek aja klo Scorpions manggung, lo bakal liat ada perbandingan menarik disitu, bagaimana rumitnya sistem amplifikasi gitarnya Rudolf Schenker yang notabene adalah gitaris ritem, sedangkan Mathias Jabs sebagai lead gitar malah tak serumit sang gitaris ritem

Sebenarnya gue gak mihak satu dengan yg lainnya, hanya persepsi kita tentang gitaris ritem yang selalu keliru, gitaris ritem itu bukanlah gitaris lead yang gagal, gitaris ritem adalah orang-orang yang special yg dilahirkan, dibekali dengan kebesaran jiwa dan talenta khusus yg memandang sebuah arangement dari sisi laen, jadi berbesar hati dan banggalah, karena posisi elo gak tergantikan layaknya Dave Mustaine di Megadeth……!!!

Data & Fakta

  1. Pada DVD “some kind of monster” Metallica harus setahun menunda rekaman gara-gara gitaris ritemnya James Hetfield mogok rekaman…!!
  2. Gue sebenarnya lead & ritem gitar di band gue karena komposisinya gitar dan keyboard, cuma beberapa waktu ketika band gue gigs dibeberapa tempat sering jadi ritem karena yg maen lead gitar temen gue yg notabene cuma additional player dan ternyata mengasyikkan, gue bisa ngritem sambil ikut nyanyi…!!!
  3. Cek aja ritemnya Ari Padi di beberapa nomor seperti “Menerobos gelap” ato “Repihan hati” lo bakal sadar ngritem itu gak bisa maen-maen

5 Tanggapan to “Gitaris ritem”

  1. hehe.. saya juga sebenernya agak heran sama istilah “gitar ritem” dan “gitar melodi” ini. Pernah sekali waktu pas ada yang mau latihan di studio saya, trus salah satu personelnya ngambil posisi di tempat yang kebetulan gitar dan efek nya lebih “gede tampilannya”, eh langsung dimarahin sama personel yang lain (kayaknya sih ini sang lead gitar)

    “Loh, kamu itu mainnya di sana aja, ini gitar buat melodi (sambil nunjuk2 Korg AX1500), yang ritem itu sebelah sana (nunjuk Behringer VAmp di pojokan)”

    Duh..

  2. Padahal Beringer V amp lebih bagus dari pada efect korg…berarti personelnya oon semua, hehehehe

  3. bueeneer buangeettzz!! gw setuju bgt ma pikiran loe!!! kadang2 qt sbg gitaris ritem suka diremehin ma lead guitar…. padahal….. ngeritem tu gak segampang yg dy pikirin bozzz!!!! setuju! setuju! merdeka!

  4. gue setuju bgt tuh! K’lo menurut gue sih sebenernya smuanya sama. Yang plg penting tuh kekompakan man!

  5. hmm..sependapat deh..emang yang penting itu adlh jiwa bermusik n kekompakkannya,,gw emang leader guitaris,,tp gw jg sring tukar2 posisi2 ama kwan gw yg maen ritem,, apa lg klo lg maen lagu2 petikkan..beuh mantabb dah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: